Minggu, 19 Mei 2013

Bagaimana Gejala Kanker Lidah?

gejala kanker lidah
Kanker Lidah
Gejala kanker lidah sebenarnya mirip dengan timbulnya sariawan. Mungkin anda terkejut mendengarnya, tetapi kenyataannya demikian. Namun, tentu saja tidak semua sariawan akan menjadi kanker lidah. Kanker lidah sendiri terbilang asing pada masyarakat, karena sedikit orang yang baru terkena Kanker Lidah. Meskipun begitu, kita tetap harus waspada.

Kanker lidah adalah penyakit kanker yang terjadi di bagian lidah. Di Indonesia sendiri kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal masyarakat, sehingga mereka cenderung mengabaikan gejala-gejala awal kanker lidah yang dapat menempatkan masyarakat pada risiko kematian.

Penyakit kanker memang dapat menyerang sejumlah organ di tubuh manusia, termasuk di bagian lidah. Kanker lidah dapat menyebabkan kematian, namun bisa disembuhkan dengan deteksi dan pemeriksaan sejak dini.

Bagaimana ciri-ciri kanker lidah? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker lidah yang bisa di amati, baik gejala awal maupun stadium lanjut.

Gejala Kanker Lidah pada Stadium awal

Gejala awal kanker lidah dibagi 3, yaitu, gejala yang mirip sariawan, eksogen dan infiltrasi. Gejala yang mirip sariawan tapi sariawan yang tak kunjung sembuh selama bermingu-minggu. Ada luka kecil di lidah dan jika diraba ada pengerasan disekitar luka dan terjadi di satu bagian lidah terus menerus.

Gejala sariawan yaitu luka terasa lunak dan tempatnya berpindah-pindah. Adapun gejala-gejala bila sudah terjadi satiawan adalah adanya ketidaknyamanan dilidah, nyeri, adanya lesi di lidah dengan ukuran 1-2cm.

Gejala eksogen adalah seperti bisul berbentuk seperti kembang kol, disertai nyeri, dan nyeri di daerah telinga dan temporal. Lesi juga berkomplikasi bila  terinfeksi; mungkin pendarahan, berbau busuk, keterbatasan penggunaan fungsi lidah, kesulitan makan, kesulitan berbicara, airliur sulit di kontrol.

Gejala Kanker Lidah Stadium Lanjut

Pada stadium lanjut ini, kanker lidahnya sudah berkembang melampaui bagian tengah lidah, dan sudah terjadinya penyebaran ke kelenjar getah bening. Biasanya rute penyebarannya adalah ke kelenjar getah bening servikal, yang lalu diikuti ke kelenjar getah bening submental dan sekelompok getah bening dalam lainnya. 

Tingkat penyebaran kanker lidah cukup cepat, jadi sebaiknya segera menjalani pengobatan sebelum parah. Jika memang ada gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya memang harus hati-hati. Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Segera periksakan kondisi kesehatan anda pada dokter, jika merasa ada salah satu atau lebih gejala diatas.

Itulah beberapa ciri-ciri kanker lidah. Semoga bermanfaat dan Terimakasih telah membaca gejala kanker lidah.
Title: Bagaimana Gejala Kanker Lidah?; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...