Minggu, 09 Juni 2013

Macam-Macam Penyakit Kanker yang Terjadi di Dunia

macam-macam penyakit kanker
Macam-macam penyakit kanker yang pernah terjadi di dunia ini cukup banyak. Bahkan, mungkin ada jenis penyakit kanker yang muncul namun tidak diketahui namanya. Kali ini kita akan membahas macam macam kanker yang ada di dunia, terutama yang tingkat kejadiannya tinggi di dunia.

Tahukah anda kalau  12% seluruh kematian disebabkan oleh kanker dan  pembunuh  nomor 2 setelah penyakit kardiovaskular. Wah, ini benar-benar mengerikan. Itu mengapa sangat penting sekali untuk mengenal lebih jauh, mengendalikan dan mencegahnya sejak dini.

Tentu saja semua jenis-jenis kanker  ini berbahaya dan sangat mematikan. Tidak ada satupun dari macam-macam penyakit kanker tersebut yang bisa dianggap remeh. Kita harus waspada dari berbagai jenis penyakit kanker yang ada ini. Berikut ini akan kita bahas 19 jenis kanker yang paling banyak terjadi didunia.

Macam-macam Penyakit Kanker


1.    Kanker Serviks

Kanker ini terjadi pada bagian serviks yang menghubungkan uterus dengan vagina. Kejadiannya sangat tinggi didunia, terutama pada wanita. Kanker serviks biasanya terjadi pada wanita di bawah usia 50 tahun.

2.    Kanker Payudara

Berdasarkan data dari American Cancer Society, ada sekitar 226.870 kasus kanker payudara yang terjadi tahun ini dan sekitar 2190 kasus terjadi pada pria. Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita setelah kanker kulit.

3.    Kanker Otak

Kanker otak adalah kanker  yang menyerang  otak  pada  bagian  luarnya  yakni  tiga  bagian  lapis  selaput  otak  dan  bagian  tulang tengkorak.

4.    Kanker Hati

Kanker hati adalah tumor ganas yang menyebabkan kerusakan bentuk dan fungsi organ hati. Dalam keadaan normal sel hati akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel hati yang telah mati dan rusak.

5.    Kanker Ovarium

Kanker ini kebanyakan terjadi pada wanita pasca menopause. Tidak ada tes screening khusus untuk kanker ovarium. Silahkan baca artikel saya tentang kanker ovarium lebih lengkap!

6.    Kanker Pankreas

Kanker pankreas ini terjadi di bagian pankreas dekat dengan hati. Silahkan juga baca artikel saya tentang kanker pankreas lebih lengkap!

7.    Kanker Mata

Kanker ini terjadi di mata. Meski tergolong jarang, namun tetap patut kita waspadai. Lebih lengkap mengenai kanker mata ini bisa baca di sini!

8.    Kanker Lidah

Kanker lidah adalah penyakit kanker yang terjadi di bagian lidah. Di Indonesia sendiri kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal masyarakat, namun kanker ini termasuk yang cepat menyebabkan kematian. Selengkapnya di sini!

9.    Kanker Prostat

Berdasarkan penelitian 2 dari 3 orang yang menderita kanker prostat adalah pria yang berumur lebih tua dari 65 tahun. Baca di sini!

10.    Kanker Kulit

Kanker kulit ini berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit). Jenis kanker ini biasanya terjadi pada orang di bawah usia 30 tahun.

11.    Kanker Lambung

Kanker ini terjadi dilambung. Seperti pada kanker lainnya. Kanker ini juga perlu kita waspadai.

12.    Kanker Saluran Empedu

Kanker ini berupa adanya masa di saluran empedu bagian bawah, telah menyumbat  sistim saluran empedunya.

13.    Kanker Kandung Kemih

Kanker ini terjadi pada kandung kemih yang merupakan salah satu organ tubuh yang terletak dibagian bawah perut, fungsinya bekerja untuk menahan dan melepaskan air seni.

14.    Kanker Endometrium

Kanker dinding rahim terjadi ketika sel-sel dinding rahim mengalami perubahan dan mulai tumbuh tidak terkontrol ketika sel-sel tersebut tumbuh dan bertambah banyak, maka terbentuklah benjolan yang disebut tumor.

15.    Kanker Usus

Kanker  usus  besar  adalah  hasil  yang  cepat dari jaringan di usus besar. Baca saja artikel saya tentang kanker ini di artikel-artikel saya yang lain.

16.    Kanker Leukemia

Kasus leukemia tahun ini telah terjadi pada 47.150 orang, berdasarkan data National cancer Institute. Baca juga tentang kanker darah!

17.    Kanker Paru-Paru

Penyakit  ini  biasanya menyerang  usia  antara  55  dan  65 tahun. Termasuk jenis kanker yang tingkat kejadian yang tinggi didunia.

18.    Kanker Nasofaring

Merupakan kanker yang terdapat pada nasopharing, berada di antara belakang hidung dan esofagus. Baca artikel saya tentang kanker nasofaring di bagian lain!

19.    Kanker Testis

Sebanyak 8.590 kasus kanker testis terjadi tahun ini berdasarkan data dari National Cancer Institute. Penderitanya paling banyak adalah pria pada usia 20 sampai 35 tahun.

Macam-macam penyakit kanker di atas nanti akan di bahas satu persatu di blog obat herbal kanker ini, termasuk juga bagaimana pengobatan kanker tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca macam-macam penyakit kanker.

Title: Macam-Macam Penyakit Kanker yang Terjadi di Dunia; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

9 komentar:

  1. Kunjungan malam ,,,,,,

    Infonya sangat bermanfaat :)

    Tapi saya tidak tahu menahu mengenai penyakit kanker :)

    semoga leih bisa memperhatikan tentang urusan kanker :)

    BalasHapus
  2. wow penyakit ini semuanya mengerikan gan.

    BalasHapus
  3. wuiss,, ngeri banget ya sama yang namanya penyakit kanker.

    BalasHapus
  4. emm ,,,,, kira2 saya berpotensi terkena gak yaa :D

    BalasHapus
  5. Keren artikelnya gan, izin dijadikan sumbser referensi blog saya.

    BalasHapus
  6. Saya terserang kanker (kantong kering)

    BalasHapus
  7. Kanker penyakit yg sulit disembuhkan. Ayah saya kena kanker lidah sakitnya sampai ketelinga. indikasi awal sariawan tak kunjung sembuh. 2 bln berlalu langsung stadium 4. Smoga bermanfaat amin

    BalasHapus
  8. emmm....artikel ini sangat bermanfaat,semoga yg baca ini tdak berpotensi terkena kanker............ammmmmin,,,,,,,,

    BalasHapus
  9. Intinya harus melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit kanker yang ganas

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...