Kenali Gejala Kanker Usus Besar

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Minggu, 19 Mei 2013

Kenali Gejala Kanker Usus Besar

gejala kanker usus
Gejala kanker usus seperti apa ya? Kanker usus yang dimaksud disini adalah kanker usus besar atau disebut juga dengan KUB termasuk masalah kanker yang serius di Indonesia.

Jumlah pasien  KUB  menempati  urutan  ke  10  (2,75%)  setelah  kanker  lain  seperti  kanker serviks, kanker payudara,  kanker kelenjar  getah  bening, kanker kulit,  kanker nasofaring,  kanker ovarium,  kanker jaringan  lunak.

Kalau kita melihat negara-negara besar di  Eropa  dan  Amerika  Serikat,  ternyata pasien  Kanker usus besar  jauh  lebih  banyak dibandingkan di Asia.

Pada tahun 2001 saja kira-kira 135.400 kasus Kanker usus besar baru ditemukan, dan 56.700 penduduk meninggal akibat penyakit ganas ini.

Sebenarnya apa yang mempengaruhi banyaknya kasus kanker usus besar ini? Ternyata kehidupan modern lah yang sangat berpengaruh.

Karena kehidupan modern  yang menyuguhkan  banyak  kemudahan  dan  kecepatan  dalam memenuhi kebutuhan seseorang termasuk yang paling utama adalah bagaimana cara seseorang memperoleh makanan dan minuman.

Banyaknya makanan dan minuman instan dan zat-zat makanan lainnya yang mendukung itulah menjadi salah satu penyebab utama banyaknya pasien kanker usus besar.

Banyaknya  makanan  cepat  saji (fast  food) dan  makanan berkadar  lemak  tinggi, menyebabkan sebagian orang kurang tertarik untuk mengkonsumsi makanan alamiah yang memerlukan  proses  lama, 

...padahal  makanan  tersebut  banyak  kandungan  zatnya  yang bermanfaat  bagi  kesehatan.  Seperti inilah kehidupan modern yang terjadi saat ini.

BAGAIMANA GEJALA KANKER USUS BESAR INI?

Bagaimana gejala kanker usus besar ini? Berikut ini akan kita bahas ciri-ciri kanker usus besar yang bisa dirasakan baik pada stadium awal maupun pada stadium akhir.

  • Gejala awal yang bisa dirasakan adalah adanya pendarahan pada usus besar yang ditandai dengan ditemukannya darah pada feses saat buang air besar. BAB berdarah memang tidak selalu identik dengan kanker namun jika terjadi terus-menerus, maka perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri kanker usus besar.
  • Adanya perubahan kebiasaan buang air besar yang meliputi frekuensi dan konsistensi buang air besar, seperti terjadinya diare kronis atau sembelit, tanpa sebab yang jelas. Dan berlangsung dalam watu yang lama yaitu dalam kurun waktu lebih dari enam minggu.
  • Gejala ini adalah gejala yang umum terjadi pada kanker yaitu terjadinya penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas sebagai tanda adanya ketidaknormalan pada tubuh.
  • Adanya rasa sakit di perut atau bagian belakang. Hal ini disebabkan karena adanya ketidanormalan pada bagian pencernaan.
  • Perut masih terasa penuh meski pun sudah buang air besar. Ini dikarenakan adanya massa dalam usus yang membesar (sel kanker mulai membesar).
  • Adanya rasa lemah atau kelelahan yang berkepanjangan.
  • Beberapa tanda lain yang kerap menyiksa adalah rasa sakit di perut, sembelit atau susah buang air besar dan rasa kembung di perut.

Beberapa tanda diatas bisa anda waspadai. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan deteksi dini kanker usus besar. Anda bisa segera memeriksakan diri anda ke dokter apabila anda telah merasakan salah satu hal-hal diatas. Ingatlah mencegah lebih baik dari mengobati.

Jangan sampai terlambat memeriksakannya. Makin dini makin bagus. Jangan sampai, ketika periksa ke dokter, sudah terdiagnosis kanker dengan stadium 3.

Untuk pengobatan kanker tanpa harus melakukan operasi, silahkan baca : Pengobatan Kanker Tanpa Operasi

Oke, itulah ciri-ciri kanker usus besar yang bisa anda rasakan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel gejala kanker usus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Gejala Kanker Usus Besar

4 komentar:

  1. assalam___terima kasih telah berbagi info yang sangat menarik & salam kenal ^_^

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya,,, ^^

    BalasHapus