Mengenal Lebih Jauh Penyakit Kanker Darah

Sabtu, 22 Juni 2013

Mengenal Lebih Jauh Penyakit Kanker Darah

penyakit kanker darah
Penyakit kanker darah atau bisa juga disebut penyakit leukemia merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang diproduksi oleh sumsum tulang.

Sumsum tulang ini dalam tubuh manusia memproduksi tiga type sel darah diantaranya sel darah putih yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh melawan infeksi,

...sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen kedalam tubuh dan platelet bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah.

Penyakit Leukemia umumnya muncul pada diri seseorang sejak mereka anak-anak, Sumsum tulang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya telah memproduksi sel darah putih yang berkembang tidak normal atau abnormal.

Normalnya, sel darah putih mereproduksi ulang bila tubuh memerlukannya atau ada tempat bagi sel darah itu sendiri. Tubuh manusia akan memberikan tanda atau signal secara teratur kapankah sel darah diharapkan bereproduksi kembali.

Pada kasus kanker darah, sel darah putih tidak merespon tanda/signal yang diberikan. Akhirnya produksi yang berlebihan tidak terkontrol akan keluar dari sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi.

Jumlah sel darah putih yang abnormal ini bila berlebihan dapat mengganggu fungsi normal sel lainnya, Seseorang dengan kondisi seperti ini (Leukemia) akan menunjukkan beberapa gejala seperti; mudah terkena penyakit infeksi, anemia dan perdarahan.

Jenis-jenis Penyakit Kanker Darah (Leukemia)

Penyakit Kanker Darah Akut

Jenis Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila hal ini tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian dalam hitungan minggu hingga hari.

Penyakit Kanker Darah Kronis

Sedangkan leukemia kronis memiliki perjalanan penyakit yang tidak begitu cepat sehingga memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga lebih dari 1 tahun. Leukemia diklasifikasikan berdasarkan jenis sel.

Ketika pada pemeriksaan diketahui bahwa leukemia mempengaruhi limfosit atau sel limfoid, maka disebut leukemia limfositik. Sedangkan leukemia yang mempengaruhi sel mieloid seperti neutrofil, basofil, dan eosinofil, disebut leukemia mielositik.

Dari klasifikasi ini, maka Leukemia dibagi menjadi empat type :

  • Leukemia limfositik akut (LLA). Merupakan tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
  • Leukemia mielositik akut (LMA). Ini lebih sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
  • Leukemia limfositik kronis(LLK). Hal ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
  • Leukemia mielositik kronis(LMK) sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Itulah sekilas tentang kanker darah atau leukemia, tentu saja kanker ini sangat berbahaya jadi mari lebih waspada. Lakukan pencegahan kanker sedini mungkin. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. 
Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara mencegah kanker. Semua pencegahan dan pengobatan kanker disarankan menggunakan obat herbal kanker yang aman dan murah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker darah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Lebih Jauh Penyakit Kanker Darah

2 komentar:

  1. bermanfaat sekali artikelnya, makasih

    http://obattraditional.com/obat-tradisional-kanker-darah/

    BalasHapus