Selasa, 09 Juli 2013

Mengenal lebih Jauh Mengenai Kanker Ginjal

kanker ginjal
Kanker Ginjal
Apa itu kanker ginjal? Mari kita mengenal lebih jauh tentang kanker ini. Kanker ini adalah salah satu dari macam-macam kanker yang pernah terjadi, dan sesuai dengan namanya, kanker ini terjadi diginjal. Kanker ini dilaporkan pertama kali oleh Grawitz (1883) sehingga dikenal juga dengan tumor Grawitz, sering juga disebut sebagai hipernefroma atau clear cell carsinoma.

Kanker ini sering mengenai penderita pada usia 60an dan 2 atau 3 kali lebih sering pada penderita laki-laki. Penyebab pasti dari tumor ini belum diketahui walaupun secara eksperimen dilaporkan adanya hubungan dengan cycasin, aflatoxin, antibiotik, zat-zat kimia (timah dan cadmium), radiasi dan virus.

Baru-baru ini juga dilaporkan bahwa pada penderita-penderita dengan hemodialisa kronis dijumpai adnya kista ginjal dan kadang-kadang terdapat tumor ginjal. Namun hubungannya yang pasti belum diketahui. Kanker sel ginjal ini merupakan tumor yang berasal dari epiteltubulus ginjal terutama terletak di korteks.

Gejala Kanker Ginjal

Kanker pada organ ginjal ini sebenarnya tidak memberikan gejala-gejala yang nyata pada saat stadium dini, gejalanya bisa dirasakan setelah kanker mulai membesar. Berikut ini beberapa penyebab kanker yang terjadi pada ginjal, beberapa diantaranya adalah gejala-gejala umum.
  • Urine yang keluar disertai dengan adanya darah
  • Karena kanker terus berkembang, sehingga seperti ada benjolan yang semakin terasa dibagian perut.
  • Ada rasa nyeri yang terus menerus pada suatu bagian tubuh terutama dibagian perut.
  • Adanya demam yang tidak diketahui penyebabnya
  • Seperti halnya dengan kanker lainnya, adanya penurunan berat badan yang drastis
  • Seperti halnya pada kanker lainnya, adanya perasaan cepat lelah yang tidak biasa dan tidak nyaman

Jika anda merasa ada beberapa dari gejala diatas, maka segera periksakan diri ke dokter, tetapi meskipun anda mengalami beberapa gejala diatas, bukan berarti anda terkena kanker ginjal, untuk itu, lebih jelasnya adalah

Penyebab Kanker Ginjal

Penyebab pasti dari karsinoma ginjal belum diketahui dengan pasti tetapi terdapat beberapa faktor-faktor resiko antara lain:
  • Merokok. Merokok jelas berbahaya. Tidak hanya menyebabkan kanker pada organ ginjal. Tetapi juga kanker jenis lain seperti penyebab kanker payudara.
  • Kegemukan. Kegemukan sebenarnya adalah penyebab yang cukup umum, karena tidak hanya kanker pada organ ginjal, seperti halnya pada kanker payudara juga bisa disebabkan oleh kegemukan.
  • Tekanan darah tinggi. Hati-hati tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kanker pada organ ginjal.
  • Pekerjaan. Pekerjaan tertentu bisa juga menyebabkan kanker ini.
  • Dyalisis jangka panjang. Bagi orang-orang yang menjalani perawatan pembuangan sisi-sisa sekresi pada ginjal atau yang disebut dyalisis, dapat menimbulkan resiko terhadap penyakit kanker ginjal ini.
  • Zat-zat berbahaya. Zat berbahaya seperti antibiotik, zat-zat kimia (timah dan cadmium).

Itulah sekilas tentang kanker pada kandung kemih. Semoga saja bisa menjawab keingintahuan anda tentang kanker ini.

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Kita tentu akan sangat waspada terhadap kanker ini. Untuk itu mari mencegahnya sejak dini. Hindari penyebab-penyebab seperti yang sudah disebutkan diatas.  Karena mencegah tentu saja lebih baik dari mengobati. Untuk pencegahan, Lakukan pencegahan kanker ini sedini mungkin. Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara pencegahan kanker.

Akan lebih jika pencegahan dan pengobatan menggunakan obat tradisional kanker yang aman dan murah. Perlu obat herbal seperti itu? silahkan saja baca artikel-artikel yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker ginjal ini.
Title: Mengenal lebih Jauh Mengenai Kanker Ginjal; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...