Apa itu Kanker Kandung Kemih?

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Minggu, 07 Juli 2013

Apa itu Kanker Kandung Kemih?

Kanker kandung kemih
Kanker Kandung Kemih
Apa itu kanker kandung kemih? Jenis kanker apalagi kah ini? Kanker pada kandung kemih adalah salah satu jenis kanker yang menyerang bagian kandung kemih. Kanker ini tumbuh didalam lumen kandung kemih, meskipun pada pertumbuhannya mungkin menginfiltrasi sampai dinding kandung kemih (Luckman and Sorensen. 1993).

Sekilas Tentang Kandung Kemih

Kandung kemih adalah merupakan salah satu organ dalam system perkemihan yang berpungsi sebagai penampung urine,yang berbentuk buah pir (kendi),yang dikelilingi oleh otot yang kuat,berhubungan dengan ligamentum vesika umbilikalis medialis.

Kandung kemih terletak dibelakang simpisis pubis didalam rongga panggul. Kandung kemih terdiri dari :
  1. Fundus yaitu bagian yang menghadap kearah belakang dan bawah,bagian ini terpisah dari rectum oleh spatium rectovesikale yang terisi oleh jaringan ikat duktus deferent,vesika seminalis dan prostat.
  2. Korpus yaitu bagian antara verteks dan fundus.
  3. Verteks yaitu bagian yang meruncing kearah muka dan berhubungan dengan ligamentum vesika umbilikalis.

Dinding kandung kemih terdiri dari lapisan :

1. Lapisan sebelah luar (peritoneum ).
2. Tunika muskularis (lapisan otot).
3. Tumika submukosa.
4. lapisan mukosa (lapisan bagian dalam).

Jadi, kanker ini terdapat pada bagian-bagian seperti diatas.

 

Apa Faktor Penyebab Kanker Kandung Kemih?

Faktor penyebab yang mempengaruhi terjadinya kanker pada kandung kemih adalah zat karsinogen, baik eksoghen dari rokok atau bahan kimia atau endogen dari hasil metabolisme. Penyebab lain diduga akibat dari pemakaian analgetik, sitostatik, dan iritasi kronik oleh batu, sistosomiasis (infeksi parasit karena iritasi kandung kemih), atau radiasi.

Kanker pada kandung kemih perlu dibedakan dari tumor ureter yang menonjol da;am kandung kemih, karsinoma prostat, dan hipertrofi prostat lobus median prostat. Untuk membedakan kelainan ini dibutuhkan Endoscopy dan Biopsy,urografi atau IVP,Ct Scen,USG dan sitoscopy.

Tingkat keganasan dibedakan menjadi tiga golongan yaitu : Deferensiasi baik (G I),sedang (G II),dan kurang berdiferensiasi (G III).

Karsinoma sel transisional dan karsinoma in-situ akan melepaskan sel-sel kanker yang dapat dikenali, pemeriksaan sitologi urine yang baru dan larutan salin yang digunakan sebagai pembilas kandung kemih akan memberikan informasi tentang prognosis paien,khususnya pasien yang beresiko tinggi untuk terjadinya tumor primer kandung kemih.

Itulah sekilas tentang kanker pada kandung kemih. Semoga saja bisa menjawab keingintahuan anda tentang kanker ini.

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Mencegah tentu saja lebih baik dari mengobati. Untuk pencegahan, Lakukan pencegahan kanker ini sedini mungkin. Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara pencegahan kanker. Semua pencegahan dan pengobatan disarankan menggunakan obat tradisional kanker yang aman dan murah. Perlu obat herbal seperti itu? silahkan saja baca artikel-artikel yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker kandung kemih ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Kanker Kandung Kemih?

1 komentar: