Mengenal Penyakit Kanker Tiroid

Asli dan Terpercaya, Hubungi SMS/WA 0822 1925 0566

Sabtu, 06 Juli 2013

Mengenal Penyakit Kanker Tiroid

penyakit kanker tiroid
Penyakit kanker tiroid
Kemarin kita sudah mengenal lebih jauh tentang penyakit kanker pankreas. Kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang penyakit kanker tiroid. Mari kita mengenal lebih jauh tentang kanker ini.

Apakah Penyakit kanker tiroid itu?

Kanker tiroid dapat diartikan sebagai kanker yang berada pada kelenjar tiroid. Sedangkan kelenjar tiroid sendiri berada pada bagian depan leher bawah. Kanker tiroid adalah jaringan tiroid yang telah kankerasi berasal dari tumor ganas pada jaringan epitel tiroid. Secara garis besar, kanker ini dibagi menjadi 4 macam yaitu sebagai berikut:
  1. Anaplastik karsinoma. Merupakan tipe kanker tiroid yang berbahaya dan mudah menyebar dengan cepat. Meskipun tipe ini jarang ditemukan namun tetap harus diwaspadai.
  2. Karsinoma folikule. Karsinoma folikuler termasuk kanker tiroid dimana sel kanker yang mudah muncul dan penyebarannya sangat cepat.
  3. Medullary karsinoma. Medullary karsinoma adalah sel kanker non tiroid yang biasanya muncul dalam kelenjar tiroid. Tipe ini lebih banyak ditemukan dibanding tipe di atas.
  4. Karsinoma papiler. Pada karsinoma papiler ini tidak kalah bahaya dengan anaplastik karsinoma, tipe ini sangat berbahaya dan paling sering menyerang wanita usia subur.

Tingkat Kejadian Kanker Tiroid

Bagaimana tingkat insiden dan tingkat kelangsungan hidup kanker tiroid? Kanker tiroid menempati 1% dari semua kanker yang ada, sering terjadi pada anak-anak dan wanita berusia 40 tahun ke atas, rasio perbandingan antara pria dan wanita adalah 1:2.4. Papiler adenokarsinoma pasca operasi memiliki kelangsungan hidup hingga 5 tahun dengan persentase 90%.
 

Penyebab Kanker Tiroid

Tidak banyak penyebab yang diketahui oleh para ahli, hanya ada sekitar 3 sampai 4 macam saja. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan akan ditemukan berbagai jenis lainnya yang ditengarai dapat memicu serangan penyakit ini.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang diyakini para ahli sebagai penyebab penyakit kanker ini :
  • Terapi radiasi yang dilakukan pada anak-anak
  • Radiasi yang ditimbulkan karena terjadi gangguan pada PLTN
  • Adanya riwayat keluarga
  • Penyakit gondok kronis

Perlu diketahui bahwa kanker ini dapat menyerang siapa saja baik wanita ataupun pria, dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun. Jadi ini sangat berbahaya dan kita harus selalu waspada.

Gejala Kanker Tiroid

Karena menyerang kelenjar tiroid yang mudah terlihat dari luar, maka gejalanya pun mudah dikenali. Meskipun memang pada kasus tertentu gejala kanker tiroid hampir mirip dengan gejala penyakit tenggorokan lainnya. Artinya apabila adanya kelainan pada tenggorokan anda, maka anda harus waspada, apalagi kelainan tersebut berlangsung lama, anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Itulah beberapa hal tentang kanker tiroid. Tentu saja kanker ini sangat berbahaya, jadi kita harus lebih waspada. Apabila adanya kelainan pada sekitar kelenjar tiroid maka anda harus segera memeriksanya, setidaknya anda harus lebih berhati-hati.

Anda juga bisa melakukan pencegahan kanker sedini mungkin. Apapun nama kankernya, harus selalu berhati-hati. Ingat, seperti yang berkali-kali saya katakan dan juga sebuah istilah yang sudah ada dari dulu bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara mencegah kanker. Semua pencegahan dan pengobatan disarankan menggunakan obat tradisional kanker yang aman dan murah. Perlu obat herbal seperti itu? silahkan saja baca artikel-artikel yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker tiroid ini. Jangan lupa untuk memberikan saran dan kritiknya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Penyakit Kanker Tiroid

1 komentar: