Mengenal Penyakit Kanker Kulit

Asli dan Terpercaya, Hubungi SMS/WA 0822 1925 0566

Senin, 19 Agustus 2013

Mengenal Penyakit Kanker Kulit

kanker kulit
Kanker Kulit
Seperti apakah penyakit kanker kulit itu? Kanker kulit  adalah  tumor ganas  yang  terjadi pada  epidermis kulit. Kanker kulit  sering  terjadi pada  bagian  tubuh  yang  terpapar, misalnya  kepala, muka,  leher,  belakang  tangan  dan  tempat lainnya, menduduki total insiden sekitar 81.1%.

Kanker kulit banyak  terjadi pada orang  tua, dengan puncak  insiden antara umur 51  tahun - 60 tahun,  pria  lebih  banyak  dibanding  wanita,  dengan  perbandingan  sebanyak  2:1,  diantaranya orang kulit putih (orang Eropa) memiliki tingkat insiden yang paling tinggi. 

Penyakit kanker kulit dewasa ini cenderung mengalami peningkatan jumlahnya terutama di kawasan Amerika, Australia dan Inggris. Berdasarkan beberapa penelitian, mereka orang-orang kulit putih yang lebih banyak menderita jenis kanker kulit ini. Hal tersebut diprediksikan sebagai akibat seringnya mereka terkena (banyak terpajan) cahaya matahari. Di Indonesia penderita kanker kulit terbilang sangat sedikit dibandingkan ke-3 negara tersebut, namun demikian kanker kulit perlu dipahami karena selain menyebabkan kecacatan (merusak penampilan) juga pada stadium lanjut dapat berakibat fatal bagi penderita.

Penyakit Kanker Kulit adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak terkendali, dapat merusak jaringan di sekitarnya dan mampu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Ada tiga jenis kanker kulit yang umumnya sering diderita manusia, diantaranya adalah karsinoma sel basal (KSB), karsinoma sel skuamosa (KSS) dan melanoma maligna (MM).


Macam-macam atau Tipe Kanker Kulit


Tumor-tumor ganas kulit yang paling sering ditemukan adalah : 
  1. Basalioma  (Basal  cell  center  /  Tumor  sel  basal)  biasanya  mulai  tumbuh  sebagai benjolan  yang  transparan,  kadang  dengan  pinggir  yang  seperti  mutiara.  Bagian sentral  benjolan  tersebut  lalu  mencekung  dan  halus,  seakan-akan  menyembuh. Tumbuhnya  lambat  dengan  ulserasi.  Jenis  ulkus  rodiens  tumbuh  lebih  cepat  dan dapat menyebabkan kerusakan hebat disekitarnya. Merupakan keganasan kulit yang paling sering ditemukan, umumnya didaerah wajah dan paling banyak  timbul pada kulit putih yang kulitnya miskin pelindung  terhadap sinar ultraviolet dari cahaya matahari. Tumor  ini berasal dari  sel  lapisan basal atau dari lapis luar sel folikel rambut. 
  2. Karsinoma  Planocellulare  (Squamous-cell  cancer)  adalah  tipe  terbesar  kedua  dan mulai  tumbuh  dalam  sel-sel  skuamosa  bagian  epidermis  kulit.  Kanker  jenis  ini tumbuh  dan  berkembang  lebih  cepat  dibanding  dengan  sel  basal  dan  bermetastase sekitar 2 %. Akan  tetapi, karsinoma  yang  tumbuh pada bibir  atau pada  luka bakar atau jaringan parut sinar X bermetastase skitar 20 % (Dale, 2000). Karsinoma  sel  skuamosa  dapat  tumbuh  dengan  berbagai  ragam  bentuk  secara mikroskopik batasnya  tidak  jelas,  timbul penebalan karena pertandakan dan dengan cepat  terjadi  ulserasi.  Infiltrasi  sel-sel  tumor  kedalam  sering  lebih  dalam  dari indurasi yang dapat diraba sel histologik, tumor ganas dibagi dalam 3 sub tipe :a.  Cornificans., b.  Nom cornificans, c.  Undiferentiated. 
  3. Melanoma  malignant  adalah  tipe  kanker  kulit  ketiga  dan  dipertimbangkan  lebih serius daripada  jenis kanker kulit non melanoma.  Ini berkembang dalam melanosit epidermis. Melanoma biasanya berwarna coklat kehitaman, meskipun lesi meungkin tidak berpigment (amelanotik). Ini biasanya mempengaruhi kulit  tetapi dpaat  terjadi juga  pada  daerah  atau  bagian  lain,  melanoma  malignant  lentigo  dan  melanoma lentiginus akral. Melanoma mempunyai 2 fase pertumbuhan yaitu fase radial dan horizontal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kanker kulit ini. Tentu saja kanker ini sangat berbahaya. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Bagaimana cara mencegahnya? Cara adalah dengan menghindari faktor risiko yang menyebabkan kanker. Mengenai hal ini akan dijelaskan lebih lanjut, pada artikel selanjutnya.

Bila ingin mengobati kanker kulit ini, anda bisa baca artikel tentang obat herbal kanker kulit. Pengobatan kanker dengan obat herbal sudah jelas sangat efektif mengobati kanker.

Semoba bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel mengenai kanker kulit ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Penyakit Kanker Kulit

1 komentar:

  1. Banyak referensi yang saya ambil dari blog saudara. semoga berkenan

    BalasHapus