Apa Itu Kanker Payudara?

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Rabu, 15 Mei 2013

Apa Itu Kanker Payudara?

kanker payudara
Apa itu kanker payudara? Seperti halnya dengan jenis kanker lainnya, perbedaannya ada pada jaringan dimana kanker itu terjadi.

Adapun pengertian kanker payudara adalah sekelompok sel yang tidak normal pada payudara yang terus tumbuh dan membesar yang pada akhirnya sel-sel ini menjadi bentuk benjolan di payudara.

Jika benjolan kanker itu tidak dibuang atau tidak terkontrol, maka sel-sel kanker bisa menyebar pada bagian-bagian tubuh lain. Penyebaran ini disebut dengan metafase.

Metastase bisa terjadi pada kelenjar getah bening (limfe) ketiak ataupun di atas tulang belikat. Selain itu sel-sel kanker bisa bersarang di tulang, paru-paru, hati, kulit, dan bawah kulit. Sangat berbahaya sekali, bukan?

Fakta-Fakta dan Tingkat Kejadian Kanker Payudara

Tingkat insidensi kanker payudara di kalangan wanita adalah 1  berbanding 8. Di Indonesia, kanker payudara menduduki peringkat kedua dari semua jenis kanker. Sedangkan sekitar 60-80 % ditemukan pada stadium lanjut dan berakibat fatal. Biasanya kanker ini ditemukan pada umur 40-49 tahun.

Belum ada data statistik yang akurat di Indonesia, namun data yang terkumpul dari rumah sakit menunjukkan bahwa kanker payudara menduduki ranking pertama diantara kanker lainnya pada wanita, selain kanker serviks.

Kanker ini merupakan penyebab utama kematian pada wanita akibat kanker. Setiap tahunnya, di Amerika Serikat 44,000 pasien meninggal karena penyakit ini, sedangkan di Eropa  lebih dari 165,000. Setelah menjalani perawatan, sekitar 50% pasien mengalami kanker payudara stadium akhir dan hanya bertahan hidup 18 – 30 bulan.

Menurut WHO 8-9% wanita akan mengalami kanker payudara. Ini menjadikan kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita. Setiap tahun lebih dari 250,000 kasus baru kanker payudara terdiagnosa di Eropa dan kurang lebih 175,000 di Amerika Serikat. Masih menurut WHO, pada tahun 2000 diperkirakan 1,2 juta wanita terdiagnosis kanker payudara dan lebih dari 700,000 meninggal karenanya.

Kanker payudara bukan satu-satunya penyakit yang ada di payudara tetapi banyak sebenarnya banyak penyakit, tergantung pada jaringan payudara yang terkena, ketergantungan estrogennya, dan usia permulaannya.

Penyakit payudara ganas sebelum menopause berbeda dari penyakit payudara ganas sesudah masa menopause (postmenopause). Respon dan prognosis penanganannya berbeda dengan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Beberapa tumor yang dikenal sebagai “estrogen dependent” mengandung reseptor yang mengikat estradiol, suatu tipe ekstrogen, dan pertumbuhannya dirangsang oleh estrogen. Reseptor ini tidak manual pada jaringan payudara normal atau dalam jaringan dengan dysplasia.

Kehadiran tumor “Estrogen Receptor Assay (ERA)” pada jaringan lebih tinggi dari kanker-kanker payudara hormone dependent. Kanker-kanker ini memberikan respon terhadap hormone treatment.

Tidak pandang umur dan golongan, kanker payudara bisa menyerang siapa saja, wanita bahkan pria. Pada tahun 2005, kanker ini menduduki peringkat kedua setelah kanker leher rahim di antara kanker yang menyerang wanita Indonesia. Untuk itulah, segera lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah ada kelainan pada payudara Anda.

Oke, itulah beberapa pengertian dari kanker payudara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih telah membaca artikel tentang apa itu kanker payudara? Baca juga artikel cara pencegahan kanker !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Kanker Payudara?

2 komentar: