Apa Itu Kanker Otak? Baca disini!

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Jumat, 21 Juni 2013

Apa Itu Kanker Otak? Baca disini!

apa itu kanker otak
Apa itu kanker otak? Kanker otak adalah kanker yang disebabkan karena adanya sel di otak yang membesar secara abnormal. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker otak juga dikenal sebagai jenis kanker yang membunuh diam-diam. Kanker ini kadang sulit dideteksi. Namun, gejala umum kanker otak dapat dilihat dan dirasakan. Sebagai contoh adalah kepala pusing dan mual muntah yang sering terjadi pada penderita. Selain itu juga, kanker otak biasanya juga menimbulkan tekanan dan rasa ketidakpercayaan diri pada penderita.

Seperti kanker lainnya, kanker  otak  juga merupakan  salah  satu  penyakit  yang  mematikan  dan  berbahaya.  Kanker  otak menyerang  otak  pada  bagian  luarnya  yakni  tiga  bagian  lapis  selaput  otak  dan  bagian  tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker yang jinak. Tetapi, tetap saja sangat berbahaya, karena jelas bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat merusak dan mengganggu  fungsi  struktur  susunan  saraf  pusat  yang  terletak  didalam  rongga  tengkorak.

Dengan  berkembangnya  kanker tersebut maka  jaringan  otak  akan  semakin  tertekan. Dan  kita perlu tahu bahwa volume  rongga  tengkorak  sangat  terbatas  sehingga menyebabkan  rasa  sakit  dikepala atau pusing. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Kanker otak merupakan tumor ganas yang tumbuh di sel otak, baik berasal dari sel otak sendiri maupun dari organ lain yang menyebar ke otak. Beberapa jenis kanker otak yang dikenal antara lain glioma, meningioma, pituitary adenoma, vestibular schwannoma, dan medulloblastoma. Tidak seperti jenis kanker lainnya, kanker otak jarang menyebar ke jaringan lain sehingga penggolongannya hanya didasarkan pada seberapa cepat pertumbuhan sel kanker. Stadium I artinya sel kanker masih tampak normal dan pertumbuhannya lambat, sedangkan stadium IV berarti sel kanker tampak abnormal dan tumbuh sangat cepat.

National Cancer Institute memperkirakan, tiap tahun ada 22.000 kasus baru kanker otak di seluruh dunia. Tingkat kematiannya cukup tinggi, yakni sekitar 13.000 per tahun. Penderita kanker otak lebih banyak pada laki-laki (60,74 persen) dibanding perempuan (39,26 persen) dengan kelompok usia terbanyak 51 sampai ≥60 tahun (31,85 persen); selebihnya terdiri dari berbagai kelompok usia yang bervariasi dari 3 bulan sampai usia 50 tahun.

Itulah beberapa pengertian tentang kanker otak, silahkan saja kalau ada yang ingin anda share disini, tentu saja berkaitan dengan apa itu kanker otak? Kita sudah tahu seperti apa kanker otak, maka tugas kita adalah mencegah kanker ini sejauh mungkin dari kita. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara mencegah kanker, sedangkan untuk mengobatinya bisa juga baca artikel yang berjudul obat herbal kanker otak! Semua pencegahan dan pengobatan disarankan menggunakan obat herbal kanker yang aman dan murah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel berjudul apa itu kanker otak ini!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Kanker Otak? Baca disini!

0 komentar:

Posting Komentar