Gejala Kanker Paru-Paru, Seperti Apa?

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Senin, 20 Mei 2013

Gejala Kanker Paru-Paru, Seperti Apa?

gejala kanker paru-paru
Gejala kanker paru-paru ini penting kita ketahui, agar kita bisa mencegahnya sejak dini.

Sebagaimana diketahui, bahwa kanker paru-paru  merupakan penyebab kematian utama akibat kanker pada  pria  dan wanita.

Kanker  paru  ini meningkat  dengan  angka  yang  lebih  besar pada wanita dibandingkan pada pria dan sekarang melebihi kanker payudara sebagai penyebab  paling  umum  kematian  akibat  kanker  pada  wanita.

Menurut  hasil penelitian, hampir 70% pasien kanker paru mengalami penyebaran ketempat limfatik regional dan tempat lain pada saat didiagnosis. Untuk itu, mari kita cegah kanker paru ini dengan mengetahui gejala pada kanker paru-paru.

Karena kanker paru-paru cenderung menyebar atau bermetastasis, maka sangat mengancam jiwa. Kanker paru-paru dapat menyebar ke setiap organ di dalam tubuh, terutama kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang.

Kanker ini juga salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk diobati. Paru-paru juga organ yang paling sering terkena oleh tumor di bagian tubuh lain.

Dan yang lebih parah lagi adalah adanya gejala yang sering luput dari penglihatan dan tidak dapat dirasakan. Sehingga ini yang sangat berbahaya. Seperti apa gejalanya?

Seperti Apa Gejala Kanker Paru-Paru?

Berikut ini adalah beberapa gejala pada kanker paru sebagai berikut.
  • Batuk terus menerus (secara berulang-ulang) dan ditandai dengan adanya sesak nafas dan bahkan bengek dengan adanya dahak yang berdarah dan berubah warna dan hingga makin banyak.
  • Adanya nyeri dada yang tidak kunjung hilang serta bahu dan bagian punggung  terasa nyeri dan juga sakit kepala.
  • Karena batuk yang parah serta ditambah dengan sesak nafas sehingga suara menjadi parau dan serak.
  • Adanya pembengkakan yang terjadi pada leher dan pada bagian wajah.
  • Adanya rasa lelah yang berat (Kelelahan kronis), parah dan terus menerus.
  • Gejala kanker paru-paru juga berpengaruh pada sistem emosi sehingga cepat marah dan tersinggung.
  • Gejala lain adalah ujung jari menebal dan berat badan turun drastis.
  • Gejala yang spesifik dan tidak begitu dirasakan adalah proses penurunan berat badan yang secara langsung dan tanpa alasan yang jelas.

Itulah beberapa gejala pada kanker paru-paru. Gejala pada kanker paru-paru ini harus dicegah agar tidak menjadi stadium tinggi dan semakin sulit disembuhkan.

Beberapa gejala di atas adalah gejala yang tampak. Seperti halnya kanker lainnya, biasanya juga ada gejala lain yan tidak tanpak. Ini yang paling berbahaya.

Kurang lebih 25% para pengidap kanker paru paru ketika melakukan CT Scan di rumah sakit atau diagnosis rontgen. Ketika penyakit ini hanya menemukan lesi koin, tidak ada gejala kanker yang berarti yang dapat kita ketahui secara langsung.

Gejala akan tampak justru setelah menuju stadium lanjut atau sudah memasuki masa kankernya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk mencegah kanker sejak dini.

Oke, semoga gejala pada kanker paru-paru ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca gejala kanker paru-paru.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gejala Kanker Paru-Paru, Seperti Apa?

1 komentar: