Minggu, 12 Mei 2013

Mengenal Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru
Kanker Paru-paru
Kanker merupakan masalah paling utama dalam bidang kedokteran dan merupakan penyakit yang mematikan dan merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian utama di dunia ini. Penyakit kanker merupakan penyakit keganasan yang bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya karena sel kanker bisa merusak sel lain.

Menurut seorang ahli kanker Syaifudin, 2007 dalam bukunya menyebutkan bahwa sel kanker sendiri adalah sel normal yang mengalami perubahan genetik dan tumbuh tanpa terkoordinasi dengan sel-sel tubuh lain. Proses pembentukan kanker yang disebut dengan karsinogenesis ini merupakan kejadian somatik dan sejak lama diduga disebabkan oleh karena akumulasi perubahan genetik dan epigenetik yang menyebabkan perubahan pengaturan normal kontrol molekuler perkembang biakan sel.
Ada banyak jenis kanker yang ada seperti kanker serviks, kanker otak, kanker hati, kanker payudara, kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker lainnya. Untuk artikel ini akan membahas tentang kanker paru-paru lebih jauh.

Apa itu Kanker Paru-Paru?

kanker paru-paru
Bahaya Rokok Pada Kanker Paru
Kanker paru-paru  adalah  pertumbuhan  sel-sel  kanker  yang  tidak  dapat  terkendali dalam  jaringan paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan terutama asap rokok (Ilmu Penyakit Dalam, 2001). Dari pengertian ini kita bisa menyimpulkan kalau salah satu penyebab utamanya adalah karena asap rokok. Baik sebagai pengguna ataupun sebagai orang yang hanya mengisap asapnya disekitar orang perokok.

Kanker paru-paru  bisa juga dipahami sebagai hasil dari suatu kelainan sel, unit paling dasar dari kehidupan pada organ paru-paru. Gangguan terhadap sistem keseimbangan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan akhirnya membentuk suatu massa yang dikenal sebagai tumor.

Apa Bahaya Kanker Paru-Paru?

Apa bahaya kanker paru-paru? Seperti halnya kanker lainnya, maka kanker paru-paru tentu saja sangat berbahaya. Kanker paru merupakan penyebab kematian utama akibat kanker pada  pria dan wanita. Jadi ini termasuk kanker yang paling berbahaya dari semua jenis kanker. Parahnya, kanker ini dari hari ke hari jumlahnya semakin meningkat dengan  angka  yang  lebih  besar pada wanita dibandingkan dengan pada pria. Bahkan, pada zaman sekarang jumlah kanker ini malah melebihi kanker payudara pada wanita. 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa kanker paru-paru ini bisa menyebar ke jaringan lain sekitar hampir 70% pasien kanker paru mengalami penyebaran ketempat limfatik regional dan tempat lain pada saat didiagnosis. Ini menandakan bahwa kanker ini sangatlah berbahaya.

Bagaimana Tingkat Kejadian Kanker Paru-paru?

Bagaimana tingkat kejadiaannya? Menurut data yang kami ambil berdasarkan sumber WHO 2005, jenis kanker yang menjadi penyebab kematian terbanyak adalah kanker paru, mencapai 1,3 juta kematian pertahun. Disusul kanker lambung  dengan data mencapai lebih dari 1 juta kematian pertahun, kanker hati (sekitar 662.000 kematian pertahun), kanker usus besar (655.000 kematian pertahun), dan yang terakhir yaitu kanker payudara (502.000 kematian pertahun). Dari data ini, bisa kita simpulkan bahwa ada banyak sekali orang yang terkena kanker termasuk kanker paru-paru.

Tingginya angka merokok pada masyarakat akan menjadikan kanker paru sebagai salah satu masalah kesehatan di Indonesia, seperti masalah keganasan lainnya. Sedangkan di Amerika Serikat kematian karena kanker paru mencapai 36% dari seluruh kematian kanker pada laki-laki dan merupakan urutan pertama penyebab kematian pada laki-laki. Benar-benar angka yang sangat menakutkan.

Oke, demikian artikel saya tentang kanker paru-paru ini. Semoga dengan lebih mengenal kanker ini, kita lebih bisa bersikap waspada, terutama karena salah satu dari penyebab kanker ini adalah asap rokok, maka meskipun kita bukan perokok, namun asapnya juga sangat berbahaya, jadi sebisa mungkin menghindarinya. Baca juga artikel cara pencegahan kanker !

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel tentang mengenal kanker paru-paru.


Perlu obat herbal untuk  mencegah kanker paru-paru yang sangat berbahaya ini?  Klik Di Sini!
Title: Mengenal Kanker Paru-Paru ; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

2 komentar:

  1. Nambah lagi nih ilmunya... makasih infonya Gan.. sangat penting nih buat para perokok hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...