Pengertian Kanker Serviks dan Epidemiologinya

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Rabu, 08 Mei 2013

Pengertian Kanker Serviks dan Epidemiologinya

pengertian kanker serviks
Kanker Serviks

Apa pengertian kanker serviks?

Pengertian kanker serviks (disebut juga dengan kanker  leher  rahim  atau  kanker mulut  rahim)  adalah salah  satu penyakit yang ganas di  bidang kebidanan

...dan  penyakit kandungan  yang  masih  menempati posisi  tertinggi  sebagai penyakit kanker yang menyerang kaum perempuan (Manuaba, 2008).

Sedangkan pengertian kanker serviks lainnya adalah kanker yang di sebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV) yang menyerang mulut rahim.

Kanker ini terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim  yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina.

Usia rata-rata kejadian kanker serviks adalah 52 tahun, dan distribusi kasus mencapai puncak 2 kali pada usia 35-39 tahun dan 60 – 64 tahun.

Untuk memahami pengertian kanker serviks sendiri dan seperti apa virus (HPV) ini bisa di lihat di gambar di bawah ini.
pengertian kanker serviks
Human Papiloma Virus (HPV)

Epidimiologi Kanker Serviks (Tingkat Kejadian)


Berdasarkan  hasil  survey  kesehatan  oleh Word Health Organitation (WHO),  pada tahun 2010 yang lalu, dilaporkan bahwa kejadian kanker serviks di dunia sebesar 500.000 kasus baru.

Sedangkan di Indonesia sendiri kejadian kanker serviks ini dilaporkan sebesar 20-24 kasus  kanker serviks baru setiap harinya.

Sebagai contoh kejadian yang ada di Indonesia adalah kejadian kanker serviks di Bali dilaporkan telah menyerang  sebesar 553.000 wanita usia subur pada tahun 2010. Sebuah angka yang cukup besar dan ini benar-benar patut kita waspadai sebagai orang Indonesia.

Dari kasus-kasus di atas ada sekitar 8000 kasus di antaranya berakhir dengan kematian. Inilah yang mengharuskan kita berhati-hati.

Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia.

Dengan adanya pernyataan ini maka khusus untuk kaum hawa yang ada di Indonesia agar lebih waspada dan berusaha untuk mencegah kanker serviks sedini mungkin.

Kanker serviks ini sangat berbahaya sekali, karena kanker serviks muncul tak terduga. Sulit sekali dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut baru kanker rahim ini bisa di deteksi. Jadi, alangkah baiknya mencegah terlebih dulu baru mengobati.

Sampai sekarang kanker serviks masih merupakan penyebab kematian terbanyak akibat penyakit kanker di Negara berkembang.

Tingginya angka kematian ini adalah karena penyakit ini tidak mempunyai ciri yang khas. Untuk mengurangi kejadian-kejadian ini maka dapat dilakukan program pencegahan-pencegahan seperti deteksi dini, namun hal ini masih jarang dilakukan khususnya di negara berkembang.

Kalau dilihat dari negara mana yang terbanyak tingkat kerjadian kanker serviks maka negara terbanyak  dijumpai di negara-negara sedang berkembang seperti Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini

Ada baiknya kita melakukan pencegahan sejak awal, sebagaimana kita ketahui bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bagaimana cara mencegahnya?

Caranya bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.
  • Deteksi awal dengan cara konsultasi ke dokter Anda. Periksalah kesehatan anda ke dokter, terutama apabila anda merasa ada gejala-gejala yang tidak normal pada daerah kewanitaan.
  • Dengan cara mengkonsumsi obat-obat pencegahan kanker serviks seperti obat herbal. Disamping aman, biasanya obat herbal kanker juga menyembuhkan berbagai macam penyakit, sehingga hanya dengan satu obat herbal saja, maka anda bisa mendapatkan banyak manfaat.
  • Jagalah kebersihan selalu, karena menjaga kebersilahan akan selalu memberikan manfaat yang luar biasa kepada anda, tidak hanya bisa mencagah kanker serviks tetapi juga kanker lainnya.
  • Terapkan pola hidup yang sehat selalu. Seperti pola makan, hati-hati dengan makanan siap saji dan beberapa zat-zat tambahan pada makanan. 
Itulah beberapa cara mencegah kanker serviks, mengenai bagaimana cara mencegah kanker serviks, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Baca juga:
Oke, saya berharap artikel tentang pengertian kanker serviks ini dapat memberikan penjelasan secara lengkap mengenai apa itu kanker serviks untuk anda,

...dan mudah-mudahan bisa memperjelas pencarian anda selama ini mengenai kanker rahim ini.

Mari kita sama-sama senantiasa melakukan pencegahan pada kanker leher rahim ini. Kalau anda memerlukan obat herbal kankernya, bisa dibaca artikel tentang obat herbal kanker serviks

Dan jika berminat juga untuk mencegahnya, baca artikel cara pencegahan kanker !

Akhir kata, terimakasih telah membaca artikel pengertian kanker serviks!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kanker Serviks dan Epidemiologinya

6 komentar:

  1. Sangat bermanfaat nih ilmunya... istriku juga baru operasi Miom.. mudah2an tidak terkena penyakit ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya, semoga istrinya selalu sehat mas!

      Hapus
  2. kalo untuk kanker lidah sinerginya apa mb?

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat, ijin saring artikel diatas :)

    BalasHapus