Rabu, 17 Juli 2013

Mengenal Kanker Hati Lebih Jauh

kanker hati
kanker hati
Kanker adalah pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel baru pada suatu organ yang tumbuh abnormal, cepat, dan tidak terkendali dengan bentuk, sifat, dan gerakan yang berbeda dari sel asalnya serta merusak bentuk dan fungsi sel asalnya. Sedangkan kanker hati adalah pertumbuhan sel yang abnormal, cepat, dan tidak terkendali pada hati sehingga merusak bentuk dan fungsi organ hati.

Kanker hati adalah kanker yang muncul di organ hati. Tanda dan gejala klinis yang dapat ditemukan antara lain hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut, ikterus, atau gangguan hati lainnya.

Kanker ini merupakan kanker ganas yang dibentuk dari sel-sel yang membentuk hati. Kanker hati sering disebut sebagai penyakit diam karena pasien seringkali tidak mengalami gejala sampai kanker pada tahap lanjut sehingga jarang ditemukan pada stadium awal.

Seperti pada gejala kanker pada umumnya, beberapa pasien mungkin mengalami gejala seperti sakit di perut sebelah kanan atas melalui bagian belakang dan bahu, berat badan, kehilangan nafsu makan, kelelahan, mual, muntah, demam, dan penyakit kuning. Namun, meskipun ada bebarapa gejala seperti ditas, sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter.

Kanker pada hati terjadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker pada hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

Angka Kejadian Kanker Hati

Bagaimana dengan angka kejadian kanker ini? Sebuah penelitian selama ini menemukan tingkat kejadian kanker hati bagi pria dan wanita meningkat pada tahun 1993-2002 untuk delapan dari 32 pendaftar kanker dipertimbangkan dalam analisis. Peningkatan ini terbatas pada negara-negara ekonomi maju Eropa Barat, Amerika Utara, dan Oseania dan mungkin sebagian karena infeksi HCV kronis meningkat sebagai akibat dari transfusi darah dan jarum terkontaminasi diskrining digunakan untuk tujuan medis dan dengan penggunaan narkoba yang meluas intravena pada dekade-dekade sebelumnya .

Sebaliknya, angka kejadian menurun pada kedua pria dan wanita di lima pendaftar termasuk tiga di Asia. Meskipun demikian, tingkat insiden di negara-negara Asia tetap 3-4 kali lebih tinggi daripada di daerah berisiko rendah dengan tingkat peningkatan.

Itulah sekilas tentang kanker hati, tentu saja kanker ini sangat berbahaya jadi mari lebih waspada. Lakukan pencegahan kanker sedini mungkin. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.  Orang dengan gaya hidup yang buruk akan lebih mudah terkena kanker ini. Seperti kebiasaan begadang yang kelewatan.

Untuk mencegah kanker ini, tentu saja harus menerapkan pola hidup yang sehat. Adapun untuk mencegahnya bisa di baca artikel tentang cara pencegahan kanker. Semua pencegahan dan pengobatan kanker disarankan menggunakan obat tradisional kanker. Karena biasanya lebih aman dan murah.

Kalau anda memerlukan obat herbal untuk kanker hati ini, baca artikel obat herbal kanker hati. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyakit kanker hati ini.
Title: Mengenal Kanker Hati Lebih Jauh; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...