Sabtu, 25 Mei 2013

Gejala Kanker Berikut ini Harus Kita Waspadai!


gejala kanker

Gejala kanker ada yang mudah di amati dan ada yang sulit di amati. Namun, sangat penting sekali untuk mengetahui gejala kanker ini. Dengan mengetahui gejala pada kanker ini kita bisa segera mengatasi kanker sejak dini. Sebagai mana kita ketahui, kanker adalah penyakit yang tidak mengenal status sosial dan dapat menyerang siapa saja  dan muncul akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dalam perkembangannya.

Sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menimbulkan kematian. Pertumbuhan kanker kadang tidak terkendali. Jadi, apabila kita tidak mengetahui gejalanya, maka bisa jadi kanker berkembang dalam tubuh, tanpa diketahui. Dan parahnya, baru menyadarinya setelah kanker masuk ke stadium lanjut. Sehingga mungkin harus memilih pengobatan kanker melalui operasi. Nah, untuk itu, mari kita ketahui gejala-gejala kanker berikut ini.

GEJALA-GEJALA KANKER

Gejala Kanker Secara Umum

Menurut Corwin (2001) gejala kanker secara umum timbul tergantung dari jenis atau organ tubuh yang terserang. Berikut ini adalah gejala kanker secara umum.

1.  Adanya Rasa Nyeri
Setiap kanker biasanya akan mengalami gejala nyeri, terutama pada bagian tubuh yang terkena kanker. Hal ini dapat terjadi akibat tumor yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah disekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan terhadap kanker yang sedang tumbuh, dan nyeri juga disebabkan karena ketakutan atau kecemasan. Nyeri ini akibat penekanan syaraf dan pembuluh darah terutama terjadi pada jaringan-jaringan yang terletak diruangan yang terbatas seperti tulang atau otak.

2.   Pendarahan Tidak Wajar
Adanya pendarahan dari berbagai sumber pengeluaran. Misalnya ludah, batuk atau muntah yang berdarah, mimisan yang terus menerus, cairan puting susu yang mengandung darah, cairan lubang senggama yang berdarah selain fase menstruasi, darah dalam tinja, atau darah dalam air kemih.

3.Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar
Perubahan kebiasaan buang air besar sudah menandakan adanya ketidaknormalan pada tubuh. Ini adalah ciri-ciri yang umum terjadi. Jadi, anda juga harus hat-hati terhadap ini. Gejala lainnya seperti sembelit, diare, perdarahan dalam urine.

4. Penurunan Berat Badan Secara Drastis
Penurunan berat badan dengan cepat juga merupakan gejala-gejala yang harus di waspadai. Jika berat badan Anda naik atau turun secara drastis bisa jadi penyebabnya adalah akumulasi cairan dalam perut yang berhubungan dengan kanker ovarium. Menurut American Cancer Society, ini merupakan tanda pertama dari kanker dan yang paling sering dikaitkan dengan pankreas, perut, kerongkongan, atau kanker paru-paru.

5.Gangguan Pencernaan
Sulit menelan yang berlebihan dapat memungkinkan anda terkena kanker tenggorokan. Biasanya ini dapat menyerang orang-orang yang suka merokok (berat). Kondisi ini biasanya berhubungan dengan kanker perut.

6.  Seringnya Terjadi Kelelahan
Gejala kanker lainnya adalah kelelahan yang berat. Menurut American Cancer Society menyatakan bahwa adanya kelelahan yang ekstrim bisa jadi merupakan gejala kanker. Sebagai contoh adalah kanker perut juga dapat menyebabkan kehilangan darah dan menyebabkan kelelahan. Anda bisa melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah untuk mengevaluasi tiroid Anda.

7. Perubahan Kulit
Awasi setiap perubahan kulit yang terjadi di tubuh Anda. Hubungi dokter jika ada hal yang Anda khawatirkan. Atau, jika terjadi luka di mulut yang tak kunjung sembuh, terutama jika Anda merokok atau minum alkohol. Bisa jadi ini tanda dari kanker mulut.

Itulah beberapa gejala kanker secara umum. Jika kita melihat pada jenis-jenis kanker secara khusus, maka berikut ini adalah gejala kanker secara khusus.


 

Gejala Kanker Yang Terjadi Pada Setiap Jenis Kanker

 

gejala kankerGejala pada kanker secara khusus berikut ini adalah berdasarkan jenis kanker yang dialami, yaitu : 


1. Kanker Paru-Paru
Pada kanker paru-paru gejala yang terjadi adalah batuk terus menerus, adanya nyeri dada yang tidak kunjung hilang serta bahu dan bagian punggung  terasa nyeri dan juga sakit kepala, karena batuk yang parah serta ditambah dengan sesak nafas sehingga suara menjadi parau dan serak. Gejala kanker paru-paru selengkapnya bisa anda baca di artikel :


2. Kanker Payudara 
Adanya penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas, sering demam dan adanya rasa sakit atau nyeri yang kerap datang dan sulit diobati di sekitar payudara, adanya benjolan disekitar payudara, dan lain-lain. Gejala kanker payudara bisa di baca di artikel :

# Gejala kanker payudara


3. Kanker Lambung
Gejala dini rasa sedikit tidak enak pada abdomen bagian atas, rasa penuh setelah makan. Pada akhirnya terjadi anoreksia dan penurunan berat badan.

4. Kanker Usus
Gejala pada kanker usus seperti pendarahan saat BAB, adanya nyeri, anoreksia dan penurunan berat badan. Gejala pada kanker usus bisa dibaca selengkapnya di artikel berikut :

5. Kanker Kandung Kemih atau Ginjal
Gejala kanker kandung kemih seperti ada darah pada air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih. 

6. Kanker Prostat
Gejala kanker prostat adalah kencing tidak lancar, rasa sakit ketika buang air kecil, rasa terbakar, kelenjar getah bening membesar, mual , muntah , anoreksia demam atau penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

7. Kanker Otak
Pada kanker otak ini biasanya di tandai dengan adanya sakit kepala hebat dan sering yang merupakan manifestasi kanker otak stadium lanjut. 

8. Kanker Lidah
Gejalanya mirip dengan timbulnya sariawan. Namun, tentu saja tidak semua sariawan akan menjadi kanker lidah. Baca selengkapnga di :

9. Gejala Kanker Serviks
Gejala kanker serviks pada stadium awal ditandai dengan adanya keputihan, seperti adanya getah yang keluar dari vagina ini makin lama akan berbau busuk akibat infeksi dan nekrosis jaringan.  Artikel lengkap bisa dibaca di :

10. Kanker Hati
Pada kanker hati, gejalanya nyeri akut karena pendarahan dari tumor, acites  (penumpukan cairan di rongga perut), nafsu makan menurun dan muncul ikterus (kuningan.
**********

Demikian artikel tentang gejala-gejala kanker ini. Baik gejala secara umum, maupun gejala secara khusus. Semoga dengan mengenali gejala-gejala ini kita bisa mencegah kanker secara dini.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel gejala-gejala kanker.
Title: Gejala Kanker Berikut ini Harus Kita Waspadai!; Written by Ilawati Pristiani; Rating: 5 dari 5

1 komentar:

  1. wah gejala kankernya lengkap nih, makasih banyak infonya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...