Apa Penyebab Kanker Hati?

Asli dan Terpercaya, Hubungi SMS/WA 0822 1925 0566

Minggu, 28 Juli 2013

Apa Penyebab Kanker Hati?

penyebab kanker hati
Kanker Hati
Apa sebenarnya penyebab kanker hati? Sebenarnya penyebabnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Namun, kanker ini biasanya cenderung terjadi pada hati yang  sudah rusak karena cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis akibat penyakit seperti terlalu banyaknya kadar besi dalam hati dan sirosis hati. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kanker hati.

  • Bahan kimia tertentu seperti vinil klorida dan arsen. 
  • Risiko kanker hati meningkat pada usia lebih dari 40 tahun dan kejadiannya lebih banyak ditemukan oleh pria.
  • Gaya hidup yang kurang baik seperti terlalu banyak begadang, merokok, dan konsumsi alkohol.  
  • Sama seperti penyebab kanker lainnya, sebut saja kanker paru-paru, kanker usus, kanker payudara makanan yang kita makan juga ikut berperan menyebabkan kanker hati, tentunya makanan-makanan yang kurang sehat, dan sebagainya.
  • Organ hati sudah terkena Sirosis hati

Adapun beberapa penyebab kanker hati akan dijelaskan sebagai berikut.

Kejadian kanker dapat menyerang semua usia dan golongan. Meskipun demikian,  risiko kanker lebih besar saat orang telah berusia lebih dari 40 tahun.Berdasarkan jenis kelamin, kejadian kanker hati lebih banyak ditemukan pada pria.

Menurut penelitian Hadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menggunakan desain case  series,  umur  rata-rata  penderita kanker hati  yaitu 50,3 dan  berdasarkan jenis kelamin, tertinggi pada pria dengan proporsi 81,38%  dan terendah pada wanita dengan proporsi 18,62%.

Sirosis hati merupakan faktor risiko utama kanker hati di dunia dan melatarbelakangi lebih dari 80% kasus kanker hati. Setiap tahun 3-5% dari pasien sirosis hati akan menderita kanker hati, dan kanker hati merupakan  salah satu penyebab kematian pada sirosis hati.

Pada tahun 2002, PMR sirosis hati di dunia yaitu 1,7%.Waktu yang dibutuhkan dari sirosis hati untuk berkembang menjadi kanker hati sekitar 3 tahun.

Konsumsi alkohol merupakan salah satu faktor risiko terjadinya sirosis hati.  Penggunaan alkohol sebagai minuman,  saat ini sangat meningkat di masyarakat.  Peminum berat alkohol (>50-70 gr/ hari dan berlangsung lama) berisiko untuk menderita kanker hati melalui sirosis hati alkoholik. Mekanisme penyakit hati akibatkonsumsi alkohol masih belum pasti, diperkirakan mekanismenya yaitu sel hati mengalami fibrosis dan destruksi protein yang berkepanjangan akibat metabolisme alkohol yang menghasilkan  acetaldehyde. Fibrosis yang terjadi merangsang pembentukan kolagen. Regenenerasi sel tetap terjadi tetapi tidak dapat mengimbangi kerusakan sel. Penimbunan kolagen terus berlanjut, ukuran hati mengecil, berbenjol-benjol dan mengeras sehingga  terjadi sirosis hati.

Sirosis hati dijumpai di seluruh negara, tetapi kejadiannya berbeda-beda tiap negara, di negara Barat etiologi sirosis hati tersering diakibatkan oleh  alkohol.

Menurut penelitian Coon dkk. (2008) di Nottingham dengan desain cohort, RR pada peminum alkohol 2,34 untuk terkena kanker hati, RR HBV yaitu 6,41  dan RR HCV yaitu  1,39.

Sedangkan di Indonesia terutama diakibatkan infeksi virus hepatitis B dan C. Virus hepatitis B menyebabkan sirosis hati sebesar 40-50%, virus hepatitis C sebesar 30-40% dan 10-20% penyebabnya tidak diketahui.

Menurut  penelitian Rasyid (2006) di Medan  dengan menggunakan desain case series,  pada 483 penderita kanker hati ditemukan 232 orang (63%) menderita sirosis hati, 91 orang hepatitis B (25%) dan 44 orang (12%) hepatitis C, dengan jumlah seluruhnya  367 orang (76%). Sedangkan 116 orang lagi (24%) tidak berhubungan sama sekali dengan sirosis hati, hepatitis B ataupun hepatitis C.

Dari hasil penelitian Nurhasni (2007) di RS Haji Medan dengan desain case series  pada 164 penderita sirosis hati, 35 orang (21,3%) sudah mengalami komplikasi kanker hati.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab pada kanker hati. Memang kanker ini sangatlah berbahaya, untuk itu mari mencegahnya dengan obat tradisional kanker, karena lebih aman dan efek samping yang kecil. Kalau anda perlu obat ini, bisa dibaca artikel tentang obat herbal kanker hati.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel penyebab kanker hati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Penyebab Kanker Hati?

0 komentar:

Posting Komentar