Inilah 5 Cara Mencegah Kanker Serviks!

Jenis, Penyebab, Cara Mencegah & Mengobati Kanker

Kamis, 12 September 2013

Inilah 5 Cara Mencegah Kanker Serviks!

cara mencegah kanker serviks
Kanker serviks termasuk jenis kanker yang sangat banyak dijumpai  oleh wanita. Berdasarkan  hasil  survey  kesehatan  oleh Word Health Organitation (WHO),  pada tahun 2010 yang lalu, dilaporkan bahwa kejadian kanker serviks di dunia sebesar 500.000 kasus baru. Sedangkan di Indonesia sendiri kejadian kanker serviks ini dilaporkan sebesar 20-24 kasus  kanker serviks baru setiap harinya.

Sebagai contoh kejadian yang ada di Indonesia adalah kejadian kanker serviks di Bali dilaporkan telah menyerang  sebesar 553.000 wanita usia subur pada tahun 2010. Sebuah angka yang cukup besar dan ini benar-benar patut kita waspadai sebagai orang Indonesia. 

Dari data-data ini kita bisa katakan bahwa betapa tingginya tingkat kejadian kanker serviks. Tidak hanya itu, kanker ini juga bisa menyerang siapa saja, tidak memandang status sosial. Untuk itu, ada baiknya untuk menghindari jenis kanker ini sejak dini! Lalu, bagaimanakah cara mencegah kanker serviks ini? Berikut ini akan di jelaskan apa saja hal-hal yang bisa mencegah kanker serviks ini.


Cara – Cara Mencegah Kanker Serviks



1.Gaya Hidup yang Sehat
Gaya hidup sehat jelas dapat menghindari berbagai serangan penyakit seperti kanker. Caranya bisa dengan memakan makanan yang sehat serta olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadab beberapa penyakit. 

 
Faktor nutrisi juga dapat mengatasi masalah  kanker mulut rahim.  Penelitian mendapatkan hubungan yang terbalik antara konsumsi sayuran berwarna hijau tua dan kuning (banyak mengandung beta karoten atau vitamin A, vitamin C dan vitamin E) dengan kejadian kanker serviks. Artinya semakin banyak makan sayuran berwarna hijau tua dan kuning, maka akan semakin kecil risiko untuk kena penyakit kanker mulut rahim.



2.Menghindari berbagai faktor risiko
Salah satunya yaitu hubungan seks pada usia muda, pernikahan pada usia muda, dan berganti-ganti pasangan seks. Wanita yang berhubungan seksual dibawah usia 20 tahun serta sering berganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi. Namun hal ini tak menutup kemungkinan akan terjadi pada wanita yang telah setia pada satu pasangan saja.



 3.Pemeriksaan Pap smear
Wanita usia di atas 25 tahun, telah menikah, dan sudah mempunyai anak  perlu melakukan  pemeriksaan pap smear setahun sekali atau menurut petunjuk dokter. Pemeriksaan Pap smear  adalah cara untuk mendeteksi dini kanker serviks.  Pemeriksaan ini dilakukan dengan cepat, tidak sakit dengan biaya yang relatif terjangkau dan hasilnya akurat.  Disarankan untuk melakukan tes Pap setelah usia 25 tahun atau setelah aktif berhubungan seksual dengan frekuensi dua kali dalam setahun.  Bila dua kali tes Pap berturut-turut menghasilkan negatif, maka tes Pap dapat dilakukan sekali setahun.  Jika menginginkan hasil yang lebih akurat, kini ada teknik pemeriksaan terbaru untuk deteksi dini kanker leher rahim, yang dinamakan teknologi Hybrid Capture II System (HCII). 



4. Pilih kontrasepsi dengan metode barrier
Pilih kontrasepsi dengan metode barrier, seperti diafragma dan kondom, karena dapat  memberi perlindungan terhadap kanker leher rahim.

 

5. Konsumsi Obat Herbal
Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kanker saat ini adalah dengan mengkonsumsi obat herbal. Ada banyak obat herbal yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah obat herbal Green Palapa yang sudah terbukti berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi obat herbal ini halal dikonsumsi. Untuk info lebih lengkap, silahkan baca artikel berjudul pencegahan kanker atau klik di sini!

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel cara mencegah kanker serviks ini!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 5 Cara Mencegah Kanker Serviks!

4 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Infertilitas', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3503/1/JURNAL_10503173_1.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. terimkasih banyak, pembahasan yang bermanfaat

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak untuk pembahasannya ini sangat membantu

    BalasHapus